Mengapa Buku itu Penting ?

May 24, 2010 at 3:33 pm 1 comment

Berbicara tentang buku akan erat kaitannya dengan kegiatan membaca. Allah SWT berfirman dalam wahyu pertamanya kepada Rasulullah SAW : “Bacalah,dengan nama Tuhanmu yang menciptakan,…(QS Al ‘Alaq ayat 1).

Salah satu hikmah dari ayat tersebut adalah :

Membaca adalah kegiatan yang memberikan rangsangan paling kompleks bagi otak dibandingkan beberapa kegiatan lainnya,seperti melihat televisi misalnya. Ada 8 aspek yang bekerja pada saat kita membaca,begitu Paul C. Burns,Betty D. Roe & Elinor P. Ross menulis dalam “Teaching Reading in today’s Elementary Schools”. Kedelapan aspek tersebut meliputi : sensori,persepsi,sekuensial (tata urutan kerja),pengalaman,berpikir,belajar,asosiasi dan afeksi. Semua bekerja berbarengan saat kita membaca. Dan pembelajaran membaca sejak dini bisa digunakan sebagai strategi membangun sumber daya insani berkualitas tinggi sejak bayi. 

Dengan pembelajaran membaca sejak dini,anak terbiasa berpikir dan menggunakan pengetahuan yang mereka miliki untuk memahami sekeliling,belajar memahami segala sesuatu dengan lebih teratur. Karena dalam membaca butuh pengendalian diri,perhatian,menghayati dengan perasaan dan memahami makna tiap kata. Semua itu dapat mematangkan emosi anak dan membangun kecakapan berpikir.

Membacakan dongeng ternyata merupakan salah satu cara yang efektif untuk membangun aspek-aspek kognitif (pengetahuan), afektif (perasaan),social dan aspek konatif (penghayatan) anak-anak. Selain itu dongeng juga dapat membawa anak-anak pada pengalaman baru yang belum pernah dialaminya. (Andi Yudha:Penulis & Pendongeng Nasional).

Meski kegiatan membaca mempunyai manfaat yang luar biasa.tetapi bahan bacaan apa yang kita berikan tidak kalah pentingnya, & sayangnya tidak setiap buku yang kelihatan bagus,benar-benar bermanfaat bagi anak. Ibarat makanan,kandungan gizi buku sangat memperngaruhi cara berpikir,bersikap dan bertindak seorang anak,inilah yang sangat perlu kita perhatikan mengingat usia-usia mereka merupakan masa paling strategis untuk membangun fondasi kepribadian,paradigma berpikir,bersikap dan bertindak. Pada masa-masa ini pula kepekaan emosi anak sangat efektif untuk diasah atau ditumpulkan (Faudzil Adim : Konsultan Keluarga,Penulis & Pendidik).

Entry filed under: Artikel. Tags: , .

LINDUNGI ASET PALING BERHARGA ANDA

1 Comment Add your own

  • 1. lesprivat pep  |  June 30, 2013 at 6:07 am

    terimakaish sudah berbagi .. artikelnya sangat bermanfaat sekali

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Wahana Belajar Anak Muslim

Buku adalah Jendela Dunia. Mari gerakkan "Ayo Baca Buku" untuk kecerdasan bangsa
"Carilah Ilmu sejak dalam buaian hingga liang lahad'.
Untuk Pertanyaan lebih lanjut dan Pemesanan silahkan hubungi : Novita Tlp : 081380311500 atau 08567115275, email : ativon_aritama@yahoo.com

Categories

Blog Stats

  • 12,421 hits

%d bloggers like this: